1

::: PENERAPAN IQ, EQ, DAN SQ DALAM DUNIA PENDIDIKAN :::

Posted by Unknown on 05.10

            Pendidikan menunjukkan cermin kepribadian bangsa. Dewasa ini, fenomena yang terjadi dalam masyarakat mencerminkan sistem pendidikan nasional yang tidak efektif dalam membina karakter dan moral spiritual pendidikan bangsa.  
Dalam pendidikan tidak hanya kecerdasan IQ yang berperan penting, tetapi kecerdasan EQ dan SQ juga turut berperan penting dalam kesuksesan pendidikan seseorang. 
Tapi pada penerapannya sistem pendidikan kita saat ini lebih berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual saja (IQ) saja dan dimensi kecerdasan yang lain seperti kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) di marginalkan.
               
                Macam kecerdasan dan penerapannya :
1. Kecerdasan intelektual (IQ)
Menurut Stephen R. Covey, IQ adalah kecerdasan manusia yang berhubungan dengan mentalitas, yaitu kecerdasan untuk menganalisis, berfikir, menentukan kausalitas, berfikir abstrak, bahasa, visualisasi, dan memahami sesuatu.
Contoh dari kecerdasan IQ adalah saat kita mempelajari suatu pelajaran seperti matematika, fisika, biologi dimana kita belajar menganalisis, berpikir tentang bahasa visualisasinya, dan memahami pelajaran tersebut.

 2. Kecerdasan Emosional (EQ)
Kecerdasan emosional digambarkan segabai kemampuan untuk memahami suatu kondisi perasaan seseorang, bisa terhadap diri sendiri ataupun orang lain, kecerdasan ini lebih tepat diungkapkan dengan What I Feel.
Contoh dari kecerdasan EQ adalah ketika kita bertemu teman di sekolah atau kampus dan saling menyapa. Saat menyapa, pasti kita harus memperlihatkan ekspresi yang ceria dan senyum yang simetris sehingga tidak terkesan terpaksa menyapanya dan tidak menyakiti hati teman yang kita sapa.

3. Kecerdasan Spiritual (SQ)
Kecerdasan spiritual (SQ) sebagai kecerdasan untuk menghadapi peroalan makna atau value, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalan konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindalan atau jalan hidup seseoarang lebih bermakna di bandingkan dengan yang lain. (Danar Zohar dan Ian Marshal)
Contoh dari kecerdasan SQ adalah mengajak teman-teman kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial, seperti mengunjungi panti asuhan dan ikut prihatin dengan keadaan anak-anak yatim piatu tersebut.

                 Dari ketiga kecerdasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa IQ merupakan kecerdasan untuk melakukan kemampuan menalar, merencanakan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. EQ merupakan kemampuan untuk menyikapi pengetahuan emosional dalam bentuk menerima, memahami dan mengelolanya. Sedangkan SQ merupakan kemampuan manusia yang berkenaan dengan usaha memberikan penghayatan bagaimana agar hidup lebih bermakna.
IQ, EQ dan SQ adalah perangkat yang bekerja dalam satu kesatuan sistem yang saling terkait didalam diri kita. Ketiganya sangat diperlukan dalam menentukan kesuksesan seseorang. IQ saja tidak akan cukup tanpa dibarengi dengan EQ dan SQ.


SOURCES : 
 http://tekpenikip.wordpress.com/2013/06/04/pentingnya-3-kecerdasan-dalam-pendidikan/
 http://yulilestari3.blogspot.com/2012/09/pengaruh-iq-eq-dan-sq-terhapat-prestasi.html


Data Print4




              Program beasiswa DataPrint tahun 2013 telah memasuki periode ke 2. Setelah sukses mengadakan program beasiswa di periode ke 1 dan telah terpilih 250 orang (pelajar & Mahasiswa), maka DataPrint kembali membuka program beasiswa DataPrint Periode Ke 2 bagi para pelajar dan mahasiswa. Beasiswa terbagi dalam tiga nominal yaitu Rp 250 ribu, Rp 500 ribu dan Rp 1 juta. Dana beasiswa akan diberikan satu kali bagi peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan dari essay, prestasi dan keaktifan peserta.
Beasiswa ini diharapkan dapat meringankan biaya pendidikan sekaligus mendorong penerima beasiswa untuk lebih berprestasi. Jadi, segera daftarkan diri kamu di www.beasiswadataprint.com !

                       

LINK : 
Beasiswa DataPrint  : www.beasiswadataprint.com  
DataPrint                 : www.dataprint.co.id

1 Comments


Post Yang Patut Direnungkan. Mohon ijin coppas. Atas perkenannnya, diucapkan terima kasih.

Posting Komentar

Copyright © 2009 Secret Place :) All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.